APA ITU CRYPTO BUBBLE

Education Jan 20, 2022

Dalam dunia crypto banyak terdapat istilah yang sering digunakan para investor untuk membaca pergerakan pasar dan juga menganalisa perubahan harga pada aset digital tersebut karena di crypto para investor sudah banyak yang tahu bahwa aset ini memiliki beberapa resiko yang perlu diwaspadai dan akhir-akhir ini sering muncul istilah crypto bubble. Lalu apa sebenarnya pengertian dari crypto bubble itu sendiri?

Crypto bubble atau gelembung crypto adalah suatu fenomena yang terjadi pada aset tersebut dimana harganya mengalami lonjakan yang tinggi dalam kurun waktu tertentu, walaupun demikian kenaikan harga yang signifikan tersebut diikuti juga dengan penurunan harga yang cepat sehingga bisa mengakibatkan kerugian yang cukup besar bagi para investornya. Crypto bubble pun juga bisa terjadi saat para investor menjual aset cryptonya dengan harga yang jauh lebih tinggi untuk menndapatkan keuntungan dalam jumlah yang besar.

Faktor lain yang juga menyebabkan munculnya crypto bubble adalah karena regulasi dari pemerintah setempat yang tidak setuju dengan membiarkan aset digital ini merusak mata uang mereka yang didukung oleh bank sentral. Selain Cina masih banyak lagi negara yang menolak keras crypto seperti Turki, Bolivia, Ekuador, Nigeria, dan juga Aljazair. Larangan dari negara-negara ini membuat harga Bitcoin dan beberapa aset digital lainnya sempat anjlok ke titik terendahnya.

Tags