APA ITU CRYPTO WINTER?

Edukasi Jan 14, 2022

Di dunia cryptocurrency banyak sekali istilah-istilah penting yang sering disebut dan yang paling sering dibahas saat ini salah satunya adalah Crypto Winter, lantas apa yang disebut dengan Crypto Winter?

Crypto Winter adalah kondisi dimana nilai aset crypto mengalami penurunan drastis di bawah nilai tren bullish normal, sebagai contoh pada bulan Juni tahun lalu lima aset crypto terpopukler di dunia nyaris mengalami penurunan harga dalam kurun waktu seminggu dan mengakibatkan tidak banyak trader beranggapan bahwa akan kembali terjadinya musim dingin bagi aset crypto atau yang biasa disebut crypto winter. Melihat fenomeda ini maka tidak heran jika banyak para ahli yang berspekulasi bahwa crypto winter akan tiba sebentar lagi meskipun tidak ada yang tahu pasti kapan itu akan terjadi, dilansir dari CNBC Indonesia crypto winter akan terjadi apabila nilainya masuk ke level $20.000 sedangkan untuk saat ini harga Bitcoin masih terpantau berada di harga $47.000 .

Crypto Winter terakhir terjadi pada tahun 2018 yang saat itu harga Bitcoin turun hingga 70%, penurunan harga ini terjadi tidak lama setelah harga Bitcoin menyentuh ATHnya yang waktu itu mendekati $20.000 lalu pada tahun 2019 harga Bitcoin malah cenderung stagnan dan di awal 2020 harganya pun mengalami penurunan yang cukup signifikan karena kabar tentang covid-19. Menurut CNBBC periode winter ini dapat berlangsung selama dua sampai tiga tahub, walaupun begitu ada beberapa ahli salah satunya seperti Benjamin Cowen masih meragukan tingkat keakuratan dari pola empat tahunan Bitcoin. Cowen yakin bahwa siklus harga pada Bitcoin tidak akan selalu terjadi selama empat tahun sekali hal ini disebabkan karena mekanisme jumlah permintaan dan juga penaewaran Bitcoin yang kerap mengalami perubahan.

Tags