APA ITU FLOATING LOSS

Edukasi Mar 15, 2022

Investasi aset digital atau crypto sudah mulai diminati oleh banyak  orang, dan didalam dunia cryptocurrency terdapat juga banyak istilah-istilah yang masih asing di dengar bagi mereka yang baru pertama terjun ke dunia crypto ini. Salah satu istilah yang sering kita dengar adalah Floating Loss, lalu apa itu Floating Loss?

Dalam arti sesungguhnya Floating Loss adalah kerugian mengambang, namun dalam dunia investasi baik itu saham dan juga crypto Floating Loss bisa diartikan sebagai kerugian sementara karena kondisi market yang sedang down tren. Lalu apakah para investor mengalami kerugian saat terjadi Floating Loss? Jawabannya sudah pasti rugi, akan tetapi  kerugiannya masih belum bisa ditentukan. Akan tetapi kerugian tersebut bisa terealisasi saat para investor memutuskan untuk melakukan Cut Loss atau menjual aset digitalnya dalam rangka untuk mengurangi kerugian yang lebih besar atau menjual aset digitalnya dibawah harga market.

Saat para investor melakukan investasi dalam jangka panjang Floating Loss sebenarnya merupakan kondisi yang wajar karena mengacu pada kerugian sementara, sedangkan untuk para investor yang melakukan investasi jangka pendek  Floating Loss akan sangat berpengaruh dengan keuntungan investasi karena mereka harus menjual aset digitalnya jika kerugian yang diterima sudah tidak sesuai dengan trading plan. Jika tidak segera mengambil tindakan Floating Loss akan menyebabkan kerugian yang lebih dalam, dan inilah pentingnya juga menerapkan trading plan dan memahami kapan waktu yang tepat untuk Cut Loss.

Tags