Bagaimana masa depan Ethereum setelah The Merge

News Sep 15, 2022

Setelah hampir menunggu dua tahun lebih, akhirnya tanggal 15 September 2022 akan menjadi hari yang bersejarah untuk Ethereum. Pada hari itu Ethereum akan menyelesaikan proses upgrade yang dikenal dengan istilah “The Merge” atau ada juga yang menyebutnya sebagai Ethereum versi 2.0. Lantas setelah The Marge tersebut apa saja yang akan berubah dari Ethereum? Penggabungan ini akan mengubah sepenuhnya mekanisme konsensus yang digunakan di jaringan ini, Ethereum menggunakan mekanisme konsensus Proof-of-Work yang mirip dengan mekanisme konsensus Bitcoin sejak 30 Juli  2015 yang lalu dan setelah ini Ethereum akan resmi menjadi blockchain Proof-of-Stake.

Setelah pasca “The Merge” nantinya menurut Etehreum Foundation konsumsi energi jaringan Ethereum akan turun drastis diperkirakan kurang lebih hingga 99,95% lebih rendah dari sebelumnya. Hal tersebut disebabkan karena setelah “The Merge” Ethereum tidak lagi membutuhkan para crypto miner untuk memvalidasi transaksi seperti saat masih menggunakan metode konsensus Proof-of-Work. Selebihnya Ethereum akan tetap beroperasi seperti biasanya, dari segi kecepatan memang akan naik akan tetapi seperti yang dikatakan oleh Ethereum Foundation efeknya mungkin terlalu kecil untuk kita sadari, dan peralihan dari Proof-of-Work ke Proof-of-Stake hanya mempersingkat waktu  transaksi sebesar 10% saja dan untuk biaya transaksi atau gas fee tidak akan mengalami perubahan sama sekali.

Menurut Vitalik Buterin, cofounder dari Ethereum “TheMarge” ternyata hanya sebagian kecil dari yang sudah direncanakan, jaringan Ethereum bisa dikatakan baru 55% pasca “The Merge” dan kedepannya akan masih ada banyak pembaharuan yang harus dilakukan Ethereum. Vitalik sendiri juga sudah menyiapkan istilah-istilah untuk masing-masing pembaruan. The Surge, The Verge, The Purge dan The Splurge. Dan yang paling dekat saat ini adalah The Surge, pembaruan ini merujuk pada upgrade yang akan menghadirkan teknik sharding pada jaringan Ethereum. Sharding sendiri akan memaksimalkan imbas positif yang akan kita dapatkan dari solusi Layer 2 pada saat ini, yang akan mendongkrak kecepatan transaksi sekaligus kapasitas jaringan Ethereum secara drastis dan juga ini tidak akan bisa dicapai tanpa bertransisi terlebih dahulu ke Proof-of-Stake.

Tags