You've successfully subscribed to Digiasset
Great! Next, complete checkout for full access to Digiasset
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.
Success! Your billing info is updated.
Billing info update failed.

Bagaimana transaksi jual/beli cryptocurrency bisa tereksekusi? | FAQ

digiassetindo
digiassetindo

Perdagangan dieksekusi di market exchange dengan mencocokkan pesanan antara pembeli dan penjual. Saat pelanggan membuat perdagangan, mereka adalah:

  1. Membeli (Buy) dari order book jual, atau menjual ke order book beli. Membeli/menjual pada nilai pasar saat ini akan mengambil likuiditas dari order book (sell wall/buy wall)
  2. Menciptakan likuiditas dalam order book dengan membuat limit order. Membuat perintah untuk dieksekusi pada harga yang berbeda dari nilai pasar saat ini akan menambah likuiditas ke buku pesanan.

Menyediakan likuiditas ke buku pesanan/order book berarti Anda berfungsi sebagai pembuat (Maker), sementara menghapus/mengambil likuiditas dari order book berarti Anda berfungsi sebagai pengambil (Taker), maka struktur biaya Pembuat/Pengambil.

Jika pesanan Anda tidak sepenuhnya dieksekusi karena kekurangan likuiditas, pesanan terbuka akan dibuat, yang pada gilirannya menambah likuiditas ke buku pesanan. Pesanan tetap terbuka jika belum dipenuhi. Ketika Anda menetapkan pesanan untuk sejumlah koin tertentu pada harga tertentu, harus ada pihak lawan yang bersedia berdagang dengan Anda pada harga dan jumlah tersebut. Jika tidak ada cukup koin yang tersedia pada harga tersebut, pesanan tetap terbuka sampai ada cukup koin pada harga tersebut untuk memenuhi seluruh pesanan Anda. Harap diperhatikan bahwa pesanan ini akan tetap terbuka sampai parameter yang telah Anda tetapkan terpenuhi agar pesanan lengkap dapat diselesaikan. Anda dapat meninjau atau membatalkan pesanan terbuka anda.

Ketika order dimasukkan ke order book, mereka akan dieksekusi berdasarkan kebutuhan pasar. Dalam situasi beli, permintaan terendah akan dipilih terlebih dahulu, dan dalam situasi jual, tawaran tertinggi akan dipilih terlebih dahulu.

Order book diisi dengan banyak pesanan, ditetapkan pada harga yang berbeda, untuk jumlah yang berbeda, yang menciptakan likuiditas pasar dalam buku pesanan. Sejumlah besar pesanan dan aset menciptakan buku pesanan yang besar, dan likuid.

Saat order book memiliki beberapa entri dengan harga yang sama, buku pesanan akan menampilkan nilai gabungan pesanan berdasarkan titik harga tersebut.

Ini dikenal sebagai prioritas harga-waktu, yang berarti pesanan dengan nilai yang sama akan dieksekusi berdasarkan waktu mereka memasuki buku pesanan. Ini juga dikenal sebagai metode eksekusi order masuk pertama keluar pertama, atau disingkat FIFO. Dengan kata lain, pesanan terlama (first in) akan menjadi pesanan pertama yang keluar, atau terjual (first out).

Ini juga berarti bahwa jika Anda adalah entri pesanan kelima dari 1 ETH pada 10.000 USDT/ETH, pesanan Anda akan menjadi yang terakhir keluar dalam proses penjualan, jika keseluruhan dari 5 ETH dibeli di antara pelanggan. Prinsip yang dijelaskan pada contoh di atas juga diterapkan untuk order beli.

FAQ