Cara Membuat NFT, Aset Digital yang Digemari

Edukasi Dec 17, 2021

Popularitas aset digital akhir-akhir ini semakin meningkat dan menjadi tren di Indonesia bahkan dunia, tak terkecuali NFT (non-fungible token), hal ini dikarenakan meningkatnya investasi cryptocurrency selama masa pandemi sehingga banyak yang ingin mengetahui cara membuat NFT.

Jika kalian ingin mendapatkan tambahan uang, alangkah lebih baiknya mengetahui Apa itu NFT dan bagaimana cara membuat NFT serta menjualnya, untuk itu Digiasset telah merangkum supaya kalian bisa memperoleh cuan yang banyak.

Apa Itu NFT ?

NFT (non-fungible token) merupakan aset digital yang terhubung ke blockchain, basis data untuk menopang cryptocurrency seperti bitcoin dan ethereum, namun tidak seperti keduanya, NFT memliki sifat unik dan tidak dapat dipertukarkan.

Bentuk dari NFT sendiri seperti karya seni lukisan, foto, musik, item dalam game, dan jenis karya lainnya yang memiliki nilai untuk dikoleksi.

Aset digital ini diperjualbelikan melalui online dan mata uang kripto sering digunakan saat proses transaksi, adapun harga dari suatu NFT yang dijualbelikan ditentukan oleh pasar dan banyaknya jumlah permintaan.

Cara Membuat NFT

Cara membuat NFT terbilang mudah, bahkan tidak harus mahir dalam dunia cryptocurrency, sehingga semua orang bisa membuatnya.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika membuat NFT yaitu menentukan blockhain untuk mengeluarkan aset digital ini, dikarenakan setiap penyimpanan data memiliki standar yang berbeda-beda.

Setelah itu cara membuat NFT berikutnya dengan memilih platform yang nantinya untuk menghubungkan wallet serta mengunggah gambar atau file pilihan yang akan diubah menjadi NFT. platform marketplace NFT yang direkomendasikan seperti  dijadikan OpenSea, Rarible, Mintable

Cara Membuat NFT di OpenSea

Setelah mengetahui beberapa cara mambuat NFT , digiasset akan memberikan contoh kepada Kalian bagaimana membuat item NFT di OpenSea, simak penjelasanya dibawah ini.

  1. Mulanya, kamu akan diminta untuk menghubungkan wallet berbasis Ethereum yang kamu miliki, setelah kamu memasukkan kata sandi wallet, platform akan secara otomatis menghubungkan walletmu dengan OpenSea.
  2. Buka laman OpenSea, pilih ikon profil di kanan atas dan klik “My Profil”.
  3. Klik “Sign In” dan ikuti semua instruksi yang tertera pada layar.
  4. Setelah akun OpenSea berhasil dibuat, klik “Create” lalu pilih “My Collection”. -Pilih “Create a Collection” lalu pilih “Create”
  5. Masukkan nama koleksimu, deskripsi, dan unggah gambar atau logo.
  6. Kemudian klik “Add New Item” dan kamu akan diminta untuk mengunggah metadata seperti gambar, audio, video.
  7. Setelah selesai, klik “Create” di bagian bawah dan bubuhkan tanda tangan di wallet mu untuk mengonfirmasi pembuatan NFT.
  8. Setelah semua proses tervalidasi nantinya karya NFT mu akan muncul di koleksi dan siap untuk diperdagangkan.

Penyebab NFT Bisa Mengahasilkan Banyak Cuan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa NFT sendiri berbeda dengan aset digital lainnya, sifatnya unik, tidak dapat dipertukarkan, dan keasliannya terjaga.

Banyak para kolektor NFT yang mau menghabiskan uang mereka untuk membeli item-item koleksi langka tersebut, bahkan Meme menjadi salah satu karya seni yang cukup populer untuk dijadikan NFT, seperti yang kalian ketahui rekor penjualan NFT hingga saat ini dipegang oleh NFT bergambar meme Doge yang laku terjual mencapai harag 4 juta dolar USA atau setara dengan Rp 57 miliar.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Passive Income Dari Kripto

Buat kalian yang memang mau membuat item NFT dengan tujuan untuk memperoleh cuan lebih cara diatas bisa dicoba dan semoga berhasil. Selamat Mencoba.

Tags