CARA MENGAMANKAN ASET CRYPTO ANDA

Edukasi Mar 18, 2022

Diperkirakan ada sekitar 7,2 juta orang Indonesia yang saat ini sudah memiliki aset crypto, dan berdasarkan data dari Triple A Indonesia saat ini menempati peringkat 30 besar dibawah Malaysia dan juga Vietnam dalam kepemilikan aset crypto. Selain itu berdasarkan data dari Asosiasi Blockchain Indonesia mencatat pemilik aset crypto di Indonesia mencapai 7,4 juta orang, jumlah pemilik aset crypto meningkat sebanyak 85 persen, jika dibandingkan dengan investor saham yang memiliki 2,7 juta investor jumlah dari pemilik asek crypto dinilai lebih banyak.

Sama halnya dalam mengamankan aset fisik anda, cara mengamankan aset crypto pun juga perlu diperhatikan karena kedua jenis aset ini mempunyai cara yang berbeda dari segi keamanan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengamankan aset crypto anda.

  • Pilih wallet yang terpercaya

Sekarang ini banyak sekali jenis wallet crypto yang bisa dipilih, maka dari itu anda harus memilih wallet yang terpercaya. Wallet khusus untuk menyimpan aset crypto dibagi menjadi dua yaitu hot wallet dan cold wallet. Hot wallet adalah jenis dompet crypto yang langsung terhubung dengan internet dan biasanya berupa suatu platform ataupun software. Sedangkan cold wallet kebalikan dari hot wallet, dompet crypto ini tidak terhubung dengan internet dan biasanya dalam bentuk hardware sehingga memiliki keamanan yang lebih aman.

  • Gunakan beberapa wallet

Biasanya para investor aset crypto mereka menyimpan aset mereka ke dalam beberapa wallet dengan demikian saat para investor kehilangan akses dari salah satu walletnya maka tidak akan kehilangan seluruh aset crypto yang dimilikinya.

  • Multi-signature

Dengan menggunakan Multi-signature ini maka sebuah wallet akan memiliki beberapa private keys, aset crypto tidak akan bisa diakses jika private keys tersebut tidak lengkap. Disarankan untuk kunci tersebut disimpan dalam bentuk fisik seperti buku catatan atau diukir dalam lempeng logam agar tidak mudah rusak.

  • Simpan private key atau seed phrase secara online

Semua aset crypto pada dasarnya dilengkapi dengan private key atau seed phrase, seed phrase biasanya berupa deeeretang angka dan juga huruf.

Jika semakin besar nilai aset crypto yang anda miliki akan pasti besar juga ancaman keamanan yang menanti, dengan menerapkan beberapa langkah diatas diharapkan akan meminimalisir hal-hal yang bisa mengancam aset crypto anda.

Tags