DAMPAK NEGATIF METAVERSE DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Edukasi May 09, 2022

Setiap harinya pasti ada penemuan teknologi baru yang akan memudahkan manusia untuk melakukan semua aktivitasnya, seperti metaverse yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang, banyak yang tertarik tapi juga tidak sedikit yang masih menolak pengembangan teknologi virtual yang satu ini. Teknologi metaverse tersebut menjadi salah satu penemuan yang paling banyak dibicarakan dan dikembangkan sampai saat ini, dan banyak perusahaan raksasa yang mulai berpindah dan berinvestasi di metaverse. Berbeda dengan dunia internet sekarang ini, para pengguna metaverse akan memiliki karakter animasi 3D atau avatar  yang bisa dijalankan untuk melakukan semua aktivitas mulai dari belajar, meeting dengan rekan kerja bahkan dari nonton konser sampai belanja pakaian pun bisa dilakukan selayaknya seperti di dunia nyata.

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh metaverse ini ternyata metaverse sendiri mempunyai kelemahan yang menjadi dampak negatif pada penerapannya di kehidupan sehari-hari kita, lantas apa saja dampak negatif yang bisa disebabkan oleh teknologi metaverse ini? Simak penjelasan berikut ini.

  • TIDAK ADANYA PRIVASI

Dengan semakin berkembangnya teknologi di era digital sekarang ini akan semakin membuat privasi kita menjadi semakin tidak aman, bahkan menurut penelitian dari seorang profesor dari Liverpool Hope University mengatakan bahwa salah satu teknologi yang digunakan di metaverse bisa untuk melacak wajah, tubuh,tangan, bahkan pola gelombang otak kita pun bisa dipantau lewat teknologi tersebut. Hal tersebut bisa menyebabkan data-data pribadi kita bisa dengan mudah diketahui dan bahkan disalahgunakan.

  • TEKANAN SOSIAL

Dengan menggunakan media sosial banyak orang yang mengalami depresi karena mereka membandingkan diri mereka dengan orang lain, rasa tidak puas akan penampilan dan juga pencapaian kita karena tidak seperti banyak orang lainnya akan semakin membuat kita menilai diri sendiri buruk.

  • DAMPAK PADA KESEHATAN

Dampak negatif dari teknologi metaverse ini bisa terjadi pada kesehatan terutama mata kita, dimana berhubungan dengan virtual reality yang memungkinkan pemasangan alat VR tersebut dibagian kepala dan menutup mata kita sehingga membuat penglihatan kita terganggu jika dilakukan secara terus-menerus, bahkan orang yang terlalu lama menghabiskan waktunya di dunia virtual akan bisa merasakan keanehan saat berada di dunia nyata atau bahkan bisa merasa asing.

  • KECANDUAN

Semua hal yang berhubungan dengan dunia digital dann online bisa menjadikan setiap orang menjadi kecanduan, mulai dari bersosial media, bermain game online atau melihat video streaming. Metaverse juga memberikan efek kecanduan untuk para penggunanya, hal ini disebabkan karena tampilan visual dari metaverse sedikit berbeda bahkan bisa dikatakan lebih bagus dari dunia nyata. Karena hal itu pengguna metaverse bisa betah berlama-lama di dunia virtual tersebut yang menyebabkan lupa waktu yang bisa berimbas pada aktivitas harian kita di dunia nyata.

Pengalaman di dunia nyata memang tidak bisa tergantikan dengan dunia virtual walaupun di metaverse menyajikan tampilan yang lebih menarik, meskipun begitu teknologi metaverse bukan tidak memiliki manfaat atau dampak positif. Hal-hal diatas akan terjadi jika kita terlalu banyak menghabiskan waktu di dunia virtual atau metaverse.

Nantikan informasi selanjutnya di semua official akun resmi Digiassetindo.

Tags