You've successfully subscribed to Digiasset
Great! Next, complete checkout for full access to Digiasset
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.
Success! Your billing info is updated.
Billing info update failed.

Apa itu Blockchain ? dan Bagaimana cara kerja Blockchain ?

digiassetindo
digiassetindo

Blockchain merupakan tekhnologi penyimpanan data secara bersama(shared), saling terhubung(connected), tidak dapat dirubah (immutable), dengan sifat blockchain yang saling terhubung, membuat pertukaran data menjadi cepat dan realtime serta dapat dilacak dengan mudah dalam jaringan(easy trackable). Blockchain juga dapat digunakan sebagai penyimpanan kekayaan intelektual ataupun sebagai digital collateralize asset yang menjadi acuan dari real value dari asset tersebut.

Distributed Ledger adalah bentuk penerapan Ledger untuk peyimpananan data dan pendistribusiannya kepada semua pengguna. Untuk memudahkan pemahaman ledger identik dengan pembukuan, bukan teknologi.

Cara Kerja Blockchain

Ketika sebuah blok menyimpan data baru, data tersebut ditambahkan ke blockchain. Blockchain, seperti namanya, terdiri dari beberapa blok yang dirangkai. Agar blok ditambahkan ke blockchain, bagaimanapun, empat hal harus terjadi:

  1. Harus ada Transaksi.
  2. Transaksi itu harus diverifikasi.
  3. Transaksi disimpan dalam satu blok.
  4. Blok mendapatkan hash (kode pengidentifikasi unik).

Ketika blok baru itu ditambahkan ke blockchain, maka blok tersedia untuk umum bagi siapa saja untuk melihat. Jika blockchain Bitcoin ditilik kembali, maka Anda memiliki akses ke data transaksi, bersama dengan informasi tentang kapan, di mana, dan oleh siapa blok tersebut adalah ditambahkan ke blockchain.

Seberapa aman blockchain?

Karena sistem proteksi kriptografi yang canggih, teknologi ini menawarkan pengalaman yang jauh lebih aman daripada perbankan tradisional. Fakta bahwa teknologinya terdesentralisasi, dan tidak dapat diubah atau diedit membuatnya ideal untuk transaksi keuangan dan penyimpanan informasi penting.

Blockchain bermanfaat untuk menjaga privasi pengguna, namun sayangnya terkadang image ini dianggap sebagai metode pembayaran pilihan bagi penjahat cyber karena simpul jaringan Bitcoin tidak harus mengungkapkan identitas orang yang membuat atau menerima pembayaran

FAQ