You've successfully subscribed to Digiasset
Great! Next, complete checkout for full access to Digiasset
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.
Success! Your billing info is updated.
Billing info update failed.

Fitur Terbaru WhatsApp, Sudah Bisa Transfer Mata Uang Kripto

digiassetindo
digiassetindo

WhatsApp merilis fitur pembayaran berbasis mata uang kripto, fitur ini memungkinkan para penggunanya dapat mengirim dan menerima uang berbasis cryptocurrency. Namun saat ini layanan fitur ini hanya baru tersedia untuk sejumlah pengguna terbatas di Amerika Serikat.

fitur pembayaran mata uang digital ini menggunakan Novi sebuah dompet digital buatan Meta perusahaan induk dari Facebook yang sudah diluncurkan beberapa waktu yang lalu, pembayaran ini baru dapat dilakukan dengan Pax Dollar (USDP) sebuah stablecoin yang nilainya mematok dolar USA dan dikeluarkan Paxos.

Namun fitur pembayaran terbaru dari WhatsApp ini belum mendukung pembayaran untuk mata uang digital seperti Bitcoin, Ethereum dan yang lainnya, selain masih belum mengakomodir banyak aset digital, fitur pembayaran dengan mata uang kripto di WhatsApp ini masih berupa program pilot atau percontohan.

Walaupun WhatsApp mengadopsi aplikasi dompet digital hal tersebut tidak akan mengubah kebijakan privasi baik dari pesan maupun panggilan dan di aplikasi akan tetap terenkripsi end-to-end. Menurut Kepala Novi Stephane Kasriel, "Sejak kami memperkenalkan proyek percontohan Novi enam pekan lalu kami telah dapat menguji dan mempelajari fitur dan fungsinya.

Novi memungkinkan orang melakukan pengiriman dengan aman,cepat dan tanpa biaya sama sekali. Pembayaran akan langsung muncul di chat pengguna".

Berdasarkan situs web Novi, untuk pengiriman uang terlebih dahulu pengguna WhatsApp membuat akun Novi kemudian pengguna diminta mengisi saldo nantinya uang ini akan dikonversi ke USDP (Pax Dollar) mata uang digital stabil yang dikeluarkan oleh Paxos Trust Company lembaga keuangan yang telah berizin. USDP memang dirancang memiliki  nilai yang relatif stabil terhadap mata uang dolar Amerika, dan di platform Novi nilai dari 1 USDP sama dengan US$1.

Untuk mengirim uang kripto via WhatsApp pertama buka ruang obrolan WhatsApp kontak yang ingin dikirimkan uang kemudian klik ikon lampiran di kolom chat dan pilih opsi "payment". Masukkan nominal USDP yang ingin dikirim lalu klik 'Next", setelah itu muncul jendela konfirmasi terkait detail pembayaran bila konfirmasi pembayaran sudah benar konfirmasi dengan klik "send money", saat pembayaran berhasil muncul notifikasi pembayaran berhasil di ruang obrolan chat.

Perlu digarisbawahi fitur payment ini diproses melalui dompet digital Novi, selain itu pembayaran via WhatsApp ini dapat dilacak melalui blockchain USDP.