HARGA CRYPTO TIARAP AKIBAT KONFLIK RUSIA-UKRAINA

News Feb 21, 2022

Aset digital cryptocurrency tampak berguguran sepanjang sepekan ini, konflik antara Rusia dan Ukraina menjadi salah satu penyebabnya. Sejak sepekan kemarin aset digital yang biasa disebut big cap seperti ETH, BNB, ADA, SOL dan XRP pun mengalami nasib yang serupa, jatuhnya harga dari aset digital tersebut bersamaan dengan jatuhnya pasar saham yang disebabkan oleh komentar dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang berkata bahwa walaupun Rusia menarik sebagian besar pasukannya dari perbatasan Ukraina, tapi invasi bisa tetap terjadi kapan saja.

Ketegangan geopolitik antara Rusia dengan Ukraina ini didasarkan keinginan Ukraina untuk bergabung dengan aliansi NATO itu mendapatkan tentangan dari Rusia dan bahkan Negeri Beruang Merah tersebut menerjunkan pasukan militernya di perbatasan Ukraina, Joe Biden menyebut lagi bahwa Rusia siap melakukan invasi ke Ukraina dalam beberapa hari ke depan walaupun pernyataan tersebut dibantah oleh pihak Rusia dan menggambarkan kekhawatiran global tersebut sebagai “Histeria”. Konflik tersebut berpotensi mempengaruhi hashrate dari aset digital yang dapat memperburuk reaksi pasar spontan yang lebih lemah untuk aset yang mempunyai resiko tinggi seperti crypto.

Selain dari konflik tersebut, kenaikan suku bunga juga dapat mempengaruhi kinerja dari pasar crypto. Saat suku bunga rendah para investor cenderung memasukkan dana ke investasi dengan resiko tinggi seperti crypto dan jika suku bunga naik para investor pasti akan mengurangi resiko untuk berinvestasi di aset digital, dalam bulan ini volume perdagangan aset digital masih terlihat lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya dan peningkatan aktivitas perdagangan diharapkan dapat terjadi terutama jika terjadi perubahan harga yang signifikan.

Tags