KENAPA HARUS KYC?

Edukasi Jul 11, 2022

Know Your Customer atau yang biasa disingkat dengan KYC merupakan istilah yang sering dipakai di dunia perbankan, investasi dan juga di dunia crypto. Walaupun sudah banyak yang tidak asing dengan istilah itu akan tetapi masih banyak ternyata yang merasa awam dengan cara atau proses KYC. Berdasarkan peraturan yang berlaku institusi jasa keuangan wajib melakukan proses KYC terhadap para calon nasabah atau usernya dan semua informasi yang terkumpul dari mereka harus dijaga kerahasiannya. Kendati demikian masih banyak pelanggan yang merasa resah saat harus melalui proses tersebut, yuk pahami dengan seksama kenapa harus KYC.

Selain untuk lebih mengenal user baru, KYC juga diperlukan untuk menghindari tindak pidana yang terkait dengan mata uang crypto. KYC juga merupakan kewajiban exchange untuk pelaporan transaksi kepada pihak berwenang.

Praktik KYC juga telah diatur melalui Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Pasal 18 Ayat 5. Di ayat tersebut secara gamblang menyebutkan prinsip mengenal nasabah terdiri dari identifikasi pengguna jasa, verifikasi pengguna jasa dan pemantauan pengguna jasa.

Proses dari Know Your Customer juga bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap aset crytpo dan dari segi keamanan aset crypto tidak perlu lagi diragukan, dengan teknologi blockchain yang revolusioner dapat menangani masalah-masalah yang ada.

Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa harus KYC? Dengan melakukan KYC kita sebagai user bisa melakukan aktivitas investasi dan juga jual/beli crypto dengan lebih mana dan terpercaya. Untuk kalian yang ingin berinvestasi aset crypto, Digiassetindo tempatnya.

Nantikan informasi selanjutnya di semua official akun resmi Digiassetindo.

Tags