MENGENAL ISTILAH SIDEWAYS DALAM TRADING CRYPTO

Education Apr 21, 2022

Dalam dunia crypto untuk mendapatkan cuan yang melimpah kita harus pandai-pandai dalam menganalisa kondisi market yang bisa dibilang tidak menentu pergerakannya. Saat sedang melakukan analisis teknikal, seorang trader harus memahami benar kalau terdapat tiga tipe pergerakan harga di dunia crypto yang sering digunakan untuk menyebutkan kondisi pasar dalam kurun waktu tertentu. Tiga pergerakan yang dimaksud adalah bullish atau kondisi naik lalu ada bearish atau kondisi turun dan yang ketiga ada sideways atau menyamping yang biasa disebut dengan konsolidasi.

Sideways pada dasarnya adalah kondisi ketika grafik harga cenderung horizontal yang disebabkan oleh penawaran dan permintaan yang hampir seimbang, sehingga dapat disimpulkan kalau market sideways adalah kondisi pasar dengan kisaran harga yang tidak mengalami banyak perubahan harga. Pergerakan harga sideways umumnya terjadi setelah adanya pergerakan yang signifikan seperti contohnya saat terjadi candlestick hijau atau merah yang besar, setelah harga naik atau turun dengan cepat dan juga signifikan biasanya harga akan mengalami pergerakan sideways.

Kondisi sideways biasanya juga disebabkan adanya sentimen atau berita positif dan negatif yang berhubungan dengan aset tersebut, sentimen tersebut dapat mengubah dan menyebabkan volume jual beli hampir seimbang yang mengakibatkan membentuk pergerakan sideways. Biasanya kondisi sideways tidak begitu menarik perhatian para trader, walaupun begitu dengan menggunakan analisa dan strategi yang tepat para trader juga tetap bisa menghasilkan keuntungan dari kondisi ini.

Tags