MENGENAL LEBIH DEKAT JENIS NFT

Edukasi Jan 19, 2022

Setelah Gozhali dengan NFT foto selfienya menggegerkan dunia sosial media, banyak orang mulai mempelajari apa itu NFT dengan tujuan yang sama yaitu agar bisa mendapatkan cuan dari NFT tersebut. Namun sebelum itu kita harus paham betul apa itu NFT, NFT merupakan unit data yang disimpan di blockchain  yang mengesahkan aset digital (file, suara, video, animasi) menjadi unik. Keunikannya ini yang menjadi pembeda dengan token biasa yang diterbitkan di blockchain dan hal itu yang membuat NFT memiliki sifat ketidaksepadanan atau tidak bisa dipertukarkan (non-fungible) dengan aset lain.

Sebagai contoh, kamu mengunggah satu file kemudian gambar itu disimpan dan diamankan di komputer terpisah termasuk data binari filenya lalu file itu dibuat stempel waktunya (timestamp) agar mempunyai identitas khusus, itu semacam sidik jari yang unik satu dengan lainnya. Kode khusus menggunakan smart contract dibuat secara otomatis terhadap data timestamp itu, kode khusus inilah yang disebut dengan token dan disimpan permanen diblockchain sehingga ketika file gambar yang sama diunggah kembali maka secara otomatis sistem akan menolak dan dinggap tidak valid karena sudah terekam sebelumnya di blockchain dan ini yang menjadikan NFT unik.

Definisi dari NFT sendiri bisa dibilang masih cukup luas karena pada dasarnya apapun bisa menjadi NFT, dan itu yang membuat NFT banyak diminati dan dijual layaknya karya seni yang tak ternilai harganya. Lalu apakah pasar NFT hanya sekedar lukisan digital saja? Tentu saja tidak, selain gambar, video, dan  animasi ada juga beberapa jenis dari NFT tersebut.

  • NFT Pure Art

Sebagai contoh, kamu adalah seorang artis terkenal atau seorang pelukis, atau animator dan kamu membuat sebuah karya lalu karya tersebut kamu digitalkan dan kamu jual sebagai NFT. Lantas siapa yang akan membeli karya digital kamu? Banyak, karena kamu mempunyai banyak pengikut atau followers jadi akan ada orang yang membeli karya kamu karena kamu seorang artis atau pelukis terkenal dan membeli karya kamu bisa untuk meningkatkan status sosial di lingkungan yang mengerti tentang karya tersebut. Jadi itu yang disebut dengan NFT Pure Art, sehingga memang valuenya hanya oleh orang-orang atau komunitas yang menghargainya.

  • NFT with Utility

NFT with Utility, ini adalah project-project NFT yang sedang booming. NFT with Utility menawarkan sebuah kegunaan atau sebuah fungsi bagi para pemegang atau para holder yang mempunyai NFT tersebut. Sebagai contoh kita ambil suatu tempat eksklusif yang hanya bisa didatangi oleh orang-orang tertentu dan ketika kamu mempunyai NFT dari tempat eksklusif tersebut kamu bisa masuk ke tempat tersebut dengan gratis jadi itu adalah salah satu kegunaannya. NFT seperti ini tentu ada valuenya dan value itu ditentukan oleh market dan didasarkan pada kegunaan atau fungisnya karena itu disebut NFT with Utility.

Nah kira-kira itulah kegunaan dan jenis dari NFT, semoga kalian lebih jelas dan tahu NFT mana yang akan kalian beli.

Tags