Money Management Strategy

Edukasi Aug 19, 2022

Perencanaan pengelolaan uang dalam trading di aset kripto menjadi salah satu kunci sukses untuk jangka panjangnya. Money management atau pengelolaan uang mengacu pada proses penganggaran atau manajemen portofolio asset. Strategy Money management ini menentukan kapan seorang trader bisa mulai melakukan trading dan berapa banyak yang harus dibeli dan kapan harus menjual aset. Pentingnya Money Management karena dalam trading kripto, seringkali trader mengandalkan perasaan dan emosi. Hal ini akhirnya menyebabkan kepanikan dan akhirnya tidak mendapatkan keuntungan.

Menentukan toleransi terhadap risiko berguna untuk mengetahui berapa persen dari aset crypto yang seorang trader siap untuk kehilangan. Jika aset sudah menurun sesuai target dengan yang ditetapkan, trader bisa berhenti trading dan mencoba lagi di hari berikutnya atau di asset lainnya. Hal ini berguna agar trader tidak kehilangan semua aset yang dimiliki. Setiap trader memiliki toleransi resiko masing masing untuk meresikokan setiap asset yang akan dibeli, jadi pastikan sebelum berinvestasi/trading perlu paham profile resikonya terlebih dahulu.

Contoh anda melakukan analisa teknikal saat akan buy market BNBIDR, disitu juga anda menentukan toleransi risiko Anda, misal memilih 5% dari total portfolio/balance ( pada gambar available Rp 2.211.300 ). Untuk perhitungan otomatis Anda bisa pilih/klik angka 25%, lalu Amount akan otomatis terbentuk. Kemudan anda bisa mengubahnya secara manual dengan cara amount yang sudah terisi secara otomatis tersebut (25%) dibagi 5, karena Anda akan meresikokan 5%. Ingat untuk selalu mengikuti angka yang sudah ditetapkan. Dengan memahami resiko diawal, trader akan lebih terjaga secara psikologis ketika market volatile. Hal ini dikarenakan Resiko sudah di ukur di awal sebelum melakukan pembelian pada sebuah asset.

Nantikan informasi mengenai trading di semua akun resmi Digiassetindo.

Tags