PENGERTIAN CUT LOSS DALAM DUNIA CRYPTO

Education Mar 17, 2022

Di dalam dunia trading segala kemungkinan bisa terjadi walaupun kita sudah melakukan analisis baik itu fundamental atau pun secara teknikal, bisa jadi itu semua tidak sesuai harapan kita dikarenakan pergerakan pasar yang di luar prediksi sehingga membuat kita mengalami kerugian. Apabila kita mengalami kondisi seperti ini apa yang sebaiknya kita lakukan? Menunggu harga kembali naik? Atau kita Cut Loss untuk meminimalisir kerugian? Lalu apa itu Cut Loss? Kali ini kita akan menjelaskan apa itu yang dinamakan Cut Loss dalam dunia Crypto.

Pengertian Cut Loss sendiri adalah tindakan untuk menjual aset crypto yang kita miliki dengan harga yang terbilang lebih rendah daripada harga pada saat kita membelinya, tujuannya adalah agar kita tidak mengalami kerugian yang lebih besar lagi dikarenakan harga aset crypto kita menurun.

Untuk memberikan gambaran sederhana apa itu Cut Loss berikut adalah contohnya. Anda membeli aset crypto dengan harga Rp. 1.000.000 dan setelah melakukan analisa menurut anda harga aset crypto tersebut akan naik menjadi Rp. 1.500.000 tetapi pada kenyataannya market berkata lain. Harga dari aset crypto anda justru malah turun menjadi Rp. 500.000, proses turunnya harga aset crypto tersebut pasti memerlukan waktu, pada saat harga crypto itu turun di angka Rp. 800.000 disitulah anda melakukan Cut Loss hal ini dilakukan agar anda terhindar dari kerugian yang lebih besar lagi.

Dari contoh diatas saat anda melakukan Cut Loss pada harga Rp. 800.000 kerugian yang anda alami hanya Rp. 200.000, akan tetapi apa yang terjadi jika anda tidak melakukan Cut Loss pada harga Rp. 800.000? Tentunya kerugian anda akan semakin besar karena harga aset crypto anda turun menjadi Rp. 500.000, sehingga kerugian yang anda alami menjadi sebesar Rp. 500.000.

Seperti yang kita ketahui harga aset crypto tidak dapat diprediksi dengan pasti karena kenaikan suatu aset bisa terjadi sangat cepat, begitu juga dengan penurunan harga suatu aset crypto yang bisa merosot kapan saja dengan berbagai macam sebab. Maka dari ini kita harus paham peran Cut Loss di dalam dunia crypto.

Tags