You've successfully subscribed to Digiasset
Great! Next, complete checkout for full access to Digiasset
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.
Success! Your billing info is updated.
Billing info update failed.

SMS PERTAMA DI DUNIA DILELANG DALAM BENTUK NFT

digiassetindo
digiassetindo

Vodafone perusahaan operator telekomunikasi asal Inggris melelang sms pertama di dunia yang bertuliskan “MERRY CHRISTMAS” dalam bentuk NFT seharga US$ 121 ribu atau sekitar 1,7 Miliar, Vodafone melelang NFT tersebut di rumah lelang Aguttes, Paris. Rumah lelang Aguttes mencari cara untuk membongkar pesan teks  dari NFT tersebut karena di Prancis menjual barang tidak berwujud dianggap melanggar hukum, rumah lelang tersebut akhirnya mengemas teks tersebut dalam sebuah bingkai digital dan menampilkan kode dan protokol komunikasi demi mematuhi peraturan hukum disana.

Hasil lelang NFT tersebut nantinya akan didonasikan ke badan pengungsi PBB (UNHCR), kepala kemitraan sektor swasta UNHCR Christian Schaake berkata bahwa teknologi selalu memiliki kekuatan untuk berinovaasi dan mengubah dunia. “Melalui kombinasi terobosan teknologi dan gerakan untuk kebaikan sosial, UNHCR dapat terus membantu pengungsi yang terpaksa meninggalkan rumah dan memberikan mereka kesempatan untuk mengubah dunia.

SMS tersebut dikirim pada 3 Desember 1992 oleh insinyur Vodafone Neil Papworth dari komputernya untuk sang manager di Inggris,  manager Vodafone saat itu yang menerima sms pertama di dunia tersebut dengan telepon Orbitel yang beratnya mencapai 4 ton yang waktu itu sedang berada di tengah acara pesta natal perusahaan.