You've successfully subscribed to Digiasset
Great! Next, complete checkout for full access to Digiasset
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.
Success! Your billing info is updated.
Billing info update failed.

Apa Itu Staking Coin?

digiassetindo
digiassetindo

Mengingat cryptocurrency tidak akan lepas dari aktivitas penambangan koin. Salah satu cryptocurrency yang sudah tak asing kita dengar saat ini adalah bitcoin. akhir-akhir ini sudah cukup banyak orang yang mulai bertransaksi menggunakan bitcoin dan tak jarang menggunakannya sebagai pilhan dalam berinvestasi.

Semua blockchains memiliki satu kesamaan, transaksi perlu divalidasi. Misalnya pada Bitcoin yang melakukan hal ini dalam proses yang disebut penambangan yang dikenal menggunakan banyak listrik (Bukti Kerja / Proof-of-Work). Namun ada juga bentuk validasi lain yang sering disebut sebagai mekanisme konsensus. Proof-of-Stake (PoS) adalah salah satu mekanisme konsensus yang dapat datang dalam berbagai variasi dan model hibrida. Untuk alasan kesederhanaan, kami hanya akan merujuk semua ini sebagai taruhan. Staking koin memberikan pemegang mata uang sejumlah kekuatan pada pengambilan keputusan di dalam jaringan. Dengan melakukan staking koin, Anda memperoleh kemampuan untuk memilih dan menghasilkan pendapatan. Ini sangat mirip dengan bagaimana seseorang akan mendapatkan bunga karena menyimpan uang di rekening bank atau memberikannya kepada bank untuk diinvestasikan.

Cara Kerja Staking Coin?

Biasanya staking coin dapat dilakukan secara langsung melalui wallet crypto yang anda miliki namun selain itu saat ini juga cukup banyak bursa yang sudah memberikan layanan staking coin. Sebelum anda mengetahui lebih dalam tentang staking coin ada hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu khususnya mekanisme dari Proof of Stake atau sering disingkat sebagai PoS. Jadi, PoS merupakan mekanisme yang bertujuan untuk menghemat energy dalam mekanisme consensus hal ini juga bertujuan untuk mempertahankan dari tingkat desentralisasi sebuah blockchain dengan lebih layak..

Sistem staking coin tidak bisa dipisahkan dengan PoS yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan serta melakukan validasi blockchain baru melalui tahapan staking. Jadi, staking coin mengharuskan sebuah validator untuk dapat mengunci dari koin yang pada akhirnya bertujuan untuk memilih koin dengan acak sesuai interval yang telah ditetapkan sebelumnya.

Salah satu jenis algoritma PoS yang cukup terkenal yakni Delegated Proof of Stake (DPoS), dengan menggunakan algoritma ini memungkinkan anda untuk bisa mengalokasikan saldo token yang sudah anda miliki sebelumnya lalu melakukan sistem voting. Nantinya delegasi ini yang bertujuan untuk mengelola sistem operasi dari blockchain.

Apa saja manfaatnya ?

Salah satu manfaat utama menyimpan koin adalah menghilangkan kebutuhan untuk terus membeli perangkat keras yang mahal dan menghabiskan energi.Sistem ini menawarkan pengembalian yang dijamin dan sumber pendapatan yang dapat diprediksi, tidak seperti sistem proof-of-work di mana koin dihargai melalui proses acak dengan probabilitas rendah. Lainnya adalah bahwa nilai koin staking Anda tidak terdepresiasi tidak seperti ASIC dan perangkat keras pertambangan lainnya, tetapi hanya dapat dipengaruhi oleh fluktuasi harga pasar saat ini. Ini membuat bukti koin staking lebih ramah lingkungan dan lebih hemat energi daripada koin berbasis pertambangan.

FAQ