Strategy Support and Resistance

Edukasi Jul 05, 2022

Kali ini kita akan mempelajari analisis teknikal support dan resistance. Membaca grafik market crypto, termasuk mengetahui titik support dan resistance agar dapat menentukan kapan waktu beli dan jual crypto yang tepat, serta menetapkan take profit dan cut loss untuk menekan kerugian semakin dalam. Analisis teknikal seperti support dan resistance memang terlihat sulit buat pemula. Tetapi semua ini dapat dipelajari secara bertahap. Dengan begitu, kamu tidak hanya akan meraup keuntungan besar, namun juga menjadi trader atau investor andal.

Support adalah garis di bagian bawah chart atau batas bawah harga di market Crypto. Level support yang kuat ditunjukkan dengan chart mendekati garis support, yang tidak dtembus garisnya, sehingga hal ini menjadi indikasi  untuk melakukan aksi buy.

Resistance adalah kebalikan dari support, yang mana menjadi batas atas harga Kripto. Garis atau titik resistance bisa dipakai untuk strategi menjual, karena ketika mendekati garis resistance, pola yang sering terjadi adalah harga akan menurun. Hal ini cocok untuk trader jangka pendek agar tidak menyesal ketika harga asset kembali merosot.

Untuk memanfaatkan garis support resistance, dalam tren bullish bisa juga dilakukan trader. Indikasinya harga menembus zona resistance untuk terus naik, kemudian menguji kembali zona yang baru saja ditembusnya ( Sehingga garis resistance berubah menjadi support). Hal ini cocok untuk mengikuti tren tembusan harga. Biasanya titik retest kemungkinan akan mendapatkan momentum untuk pemantulan kuat berikutnya.

Sebagai contoh pada asset MATICIDR periode 19 Juni 2022, dengan menggunakan indikator horisontal rey pada market Digiasset Anda bisa belajar menganalisa support dan resistance. Garis kuning adalah untuk support, dan hijau adalah resistence. Contoh warna merah nomor 1 dan 2 adalah cara memanfaatkan entry pada level support. Dan warna biru untuk nomor 3 dan 4 adalah entry point memanfaatkan retest moment. Pada analisa tersebut potensi kenaikan/profitnya 5- 10 %.

Tips untuk support dan resistance adalah :

Sering berlatih untuk mengenali level support dan resistance dengan detail, lalu dalam entry usahakan menggunakan amount yang jangan terlalu besar dahulu utamakan untuk masuk di asset yang project dan team yang jelas. Keep DYOR Before Investing/Trading

Nantikan informasi selanjutnya di semua official akun resmi Digiassetindo.

Tags