SUDAHKAN KALIAN TAHU PERBEDAAN AFILIASI DAN REFERRAL

Edukasi Sep 06, 2022

Sudahkah kalian tahu perbedaan antara afiliasi dan juga referral? Banyak orang yang masih tertukar mengenai pengertian dari kedua istilah tersebut, padahal kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda.

Afiliasi atau yang biasa dikenal dengan partnership marketing biasanya adalah suatu aktivitas yang menggunakan pengaruh seseorang untuk memasarkan suatu produk dengan menggunakan link. Sebagai contoh untuk kalian lebih mudah memahami arti dari istilah tersebut adalah anggap saja seseorang yang mempunyai pengaruh atau biasa disebut dengan influencer tersebut membagikan link di platform media sosial miliknya dan jika ada customer yang membeli produk dengan menggunakan link tersebut maka influencer tersebut akan mendapatkan sejumlah komisi.

Referral bisa juga diartikan sebagai rujukan, berbeda dengan afiliasi, referral biasanya lebih bersifat personal. Perbedaan afiliasi dan referral adalah dengan menggunakan customer yang sudah ada, bukan menggunakan influencer lagi. Biasanya referral ini dilakukan dengan cara dari mulut ke mulut atau berdasarkan kedekatan dengan orang yang akan ditawarkan referral. Sebagai contoh, customer dari suatu perusahaan mempromosikan produk  yang dipakainya ke keluarga atau teman-temannya. Jika keluarga atau teman ada yang berminat untuk ikut membeli produk tersebut dengan menggunakan kode referral yang sudah diberikan tadi maka cutomer awal tersebut akan mendapatkan imbalan atau komisi dari perusahaan tersebut.

Tags