TAHUKAH KALIAN APA ITU HASHRATE DAN MENGAPA PENTING?

Edukasi May 11, 2022

Istilah Hashrate mungkin masih terdengar asing ditelinga kalian bagi yang baru terjun ke dunia crypto, namun istilah tersebut bukanlah hal yang asing lagi bagi para penambang  atau yang sering kita sebut dengan miner. Hashrate merupakan variable penting dalam Bitcoin, bahkan hashrate dijadikan sebagai tolak ukur untuk menilai sehat tidaknya  jaringan Bitcoin itu sendiri.

Untuk lebih paham mengenai Hashrate kita juga harus paham terlebih dalu apa itu Hash, Hash adalah kode alfanumerik yang digunakan untuk mewakili kata, pesan, dan juga data karena setiap proyek aset crypto biasanya mempunyai algoritma hasing yang berbeda-beda dan algoritma tersebut akan mengacak kata dan angka yang ada untuk menghasilkan hash sebagai identitas dari data tersebut. Setiap hash yang dibuat bersifat acak dan juga tidak mungkin diprediksi jadi diperlukan jutaan tebakan hash, Hashrate adalah unit untuk mengukur kecepatan komputer atau mesin penambang untuk melakukan hashing. Jumlah hashing yang dilakukan oleh mesin penambang ini diukur dalam satuan hash per detik atau kita sebut sebagai hashrate.

Hashrate adalah tingkat kecepatan jaringan yang dibutuhkan untuk menambang Bitcoin dan juga melakukan konfirmasi transaksi di dalam blockchain. Kecepatan merupakan kunci dari penambangan aset crypto karena masing-masing penambang harus cepat dalam memecahkan masalah dan menambah blok transaksi ke sistem blockchain agar bisa mendapatkan rewards.

Hashrate dihitung berdasarkan seberapa banyak komputasi hash yang bisa dilakukan setiap detiknya dan mesin penambang biasanya menggunakan satuan hashrate berikut :

  • 1 Kilo (kH/s) setara dengan seribu hash perdetik
  • 1 Mega (MH/s) setara dengan 1 juta hash per detik
  • 1 Tera (TH/s) setara dengan 1 triliun hash per detik
  • 1 Peta (PH/s) setara dengan 1.000 triliun hash per detik
  • 1 Exa (EX/s) setara dengan 1 juta triliun per detik
  • 1 Zeta (ZH/s) setara dengan 1  sekstiliun hash per detik
  • 1 Yotta (YH/s) setara dengan 1 septiliun hash per detik

Semakin besar kekuatan hashsing mesin dari penambang maka kemungkinan untuk menebak hashsing akan semakin besar dan penambang akan mendapatkan rewardsnya.

Menurut Max Keiser, pembawa acara asal Amerika sekaligus pegiat Bitcoin mengatakan bahwa pertumbuhan hashrate mencerminkan kepercayaan yang tinggi pada aset digital tersebut, “Tingkat kecepatan jaringan Bitcoin yang meningkat menunjukkan kenyakinan bahwa mata uang fiat akan ambruk. Hal ini membuat Bitcoin jadi lebih menarik dan membuat orang-orang akan meninggalkan mata uang itu,” imbuhnya.

Lantas mengapa Hashrate itu begitu penting? Karena bagi para penambang sendiri bisa membantu mereka untuk memprediksi tingkat profabilitas dalam menambang crypto dan juga dengan mengetahui hashrate bisa membantu dalam menentukan mesin yang akan digunakan untuk menambang. Jenis mesin untuk menambang aset crypto bisa dibilang banyak jenisnya dan setiap aset crypto ditambang dengan mesin yang berbeda pula, sehingga masing-masing mempunyai tingkat kemampuan komputasi dan kebutuhan energi yang berbeda pula dan tentunya dapat menghasilkan hashrate yang juga berbeda. Selain itu tingkat hashrate juga bisa memberikan sinyal bagi para penambang aset crpto tentang kehadiran kompetitor lainnya di sistem blockchain.

Nantikan informasi selanjutnya di semua official akun resmi Digiassetindo.

Tags