Tips Cut Loss dalam Trading Kripto

Edukasi Jul 19, 2022

Bagi member Digiassetindo yang masih pemula terjun ke dunia kripto, setidaknya pernah mendengar istilah cut loss. Tujuan trading/investasi baik jangka pendek atau panjang, kamu harus memiliki keputusan yang harus diambil jika performa portofolio kamu sedang menurun, khususnya saat market bearish. Sebenarnya apa cut loss memang diperlukan atau jangan-jangan cut loss bukan hal yang perlu dipikirkan? untuk pengertian secara umum sudah pernah kami bahas, silahkan klik link berikut untuk Pengertian Cut Loss. Lalu untuk apa saja sih tips untuk cut loss dalam trading asset kripto:

  1. Membatasi Kerugian Berdasarkan Persentase (%)

Sebelum membeli asset trader atau investor sudah memiliki ancang ancang jika analisanya salah atau melesest. Untuk menentukan batas kerugian misalnya, 5% - 25% dari modal awal saat membeli asset kripto. Sehingga jika penurunan harga menyentuh angka persentase batas tersebut, kamu bisa cut loss.

Untuk menentukan cut loss lewat metode ini, kamu perlu menghitung amount yang siap untuk diresikokan diawal trading. Sehingga ketika harga asset menurun dan mengenai batas toleransi, kamu bisa memperhitungan diharga berapa harus cut loss.

2. Membatasi Kerugian Berdasarkan Analisa Support Level

Kamu juga bisa melakukan cut loss dengan mengacu pada titik level support yang sudah kamu tentukan. Sehingga, hanya perlu cut loss jika harga asset kripto yang kamu beli turun di bawah level support.

Contoh dalam chart tersebut, kamu membeli diharga sesuai panah merah, karena mungkin kamu menganalisanya sebagai pattern terterntu. Namun ternyata analisanya salah, sehingga kamu bisa membuat area harga level support (garis warna hijau) lalu melakukan cut loss di bawah area support tersebut ( panah warna biru)  sesuai risk tolerance kamu masing-masing.

Untuk pemula sering-sering berlatih untuk mengenali level support dengan detail, lalu dalam entry usahakan menggunakan amount yang jangan terlalu besar dahulu utamakan untuk masuk di asset yang project dan team yang jelas. Keep DYOR Before Investing/Trading

Nantikan informasi selanjutnya di semua official akun resmi Digiassetindo.

Tags