Tips Membuat Trading Plan

Edukasi Aug 23, 2022

Selayaknya sebuah bisnis yang perlu perencanaan, dalam trading aset kripto juga sama pentingnya menyiapkan trading plan. Dengan trading plan trader bisa lebih objektif dalam menganalisa market, sehingga sudah memiliki rencana di harga berapa akan masuk market dan di harga berapa akan keluar ( baik ketika harga sesuai prediksi ataupun tidak sesuai prediksi). Objektif dalam menganalisa pasar sangat diperlukan kedisiplinan untuk mendaptkan hasil yang konsisten profit dalam jangka panjang, hal tersebut juga membantu trader tidak bisa selalu memaksakan untuk selalu masuk pasar.

Sebagai contoh seorang trader memiliki trading plan, hanya akan masuk ketika market uptrend saja, dan meresikokan maksimal 10% dari balance. Maka Trader tersebut harus disiplin dengan hal tersebut, yaitu hanya masuk ke market ketika uptrend saja.  Dan jika tidak dalam kondisi uptrend trader tidak perlu masuk market. Tips untuk membuat Trading Plan:

  1. Menentukan strategy apa yang akan digunakan untuk masuk pasar, misal mencari sinyal buy ketika harga reversal menggunakan indikasi pattern reversal.
  2. Money Management ini artinya Anda sudah menyiapkan resiko dalam setiap melakukan trade di suatu asset, misal anda hanya meresikokan 15% dalam setiap entry di suatu asset. Hal ini juga berlaku ketika anda akan melakukan Taking Profit (TP), anda rencanakan akan untung berapa persen dalam trade tersebut
  3. Membuat jurnal trading, hal ini adalah catatan yang mana bisa mengevaluasi, performa trading yang anda lakukan.

Tags